Islam, Radikalisme?


Oleh: Shofiatul Karimah

Islam adalah agama atau kepercayaan yang banyak dianut sebagian besar umat manusia di dunia. Secara bahasa, Islam berasal dari kata ‘asalmu-aslama-istaslama-saliim-salaam’ yang artinya, damai, taat, berserah diri, bersih dan suci, serta selamat. Sedangkan, menurut istilah, Islam ialah agama yang diturunkan oleh Allah SWT. kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai Nabi dan Rasul terakhir agar menjadi pedoman hidup.

Islam merupakan satu-satunya agama yang diridhoi oleh Allah SWT.. Sebagaimana firman Allah dalam surah Ali-Imran ayat 19”Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam......” Islam, satu-satunya agama yang sang peduli terhadap umatnya. Dalam agama Islam, segala hal ada aturan dan semuanya sudah tercantum dalam AL-QUR’AN dan AL-HADITS. Mulai dari kita bangun tidur hingga kembali tidur, dari ujung kepala sampai ujung kaki, dan masuk kamar mandi hingga buang air, semuanya diatur dalam agama Islam.

Hanya saja saat ini, banyak sekali munculnya istilah ‘Islamphobia’. Apa readers tahu, apa itu ‘Islamphobia’?

Islamphobia merupakan suatu ketakutan terhadap agama Islam, atau orang yang beragama Islam. Orang yang mengalami Islamphobia, menganggap agama Islam sebagai momok yang menakutkan, dan harus dihapuskan. Penyebab Islamphobia ini juga banyak, salah satunya persepsi buruk tentang agama Islam yang sudah disebarkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Oknum yang menyebar ketakutan tentang agama Islam, biasanya ialah orang-orang yang sangat membenci agama Islam. Mereka, menyebarkan berita palsu dan fitnah-fitnah tentang agama Islam. Salah satunya, jika Islam itu radikalisme. Ohya readers, tahukah apa radikalisme itu? Jika belum tahu, yuk kita simak penjelasan berikut.

Radikalisme ialah suatu landasan atau paham yang ingin melakukan perubahan dalam suatu sistem sosial maupun politik, dengan menggunakan kekerasan dan cara yang kasar.

Radikalisme sering dikaitkan dengan terorisme, loh. Kenapa? Karena kelompok radikal ini dapat melakukan cara apa pun untuk mencapai keinginannya tersebut. Termasuk, meneror pihak yang tak sepaham dengan mereka.

Lalu, mengapa agama Islam sering diisukan atau bahkan disebut sebagai radikalisme?

Begini, apa kalian tahu kata ‘jihad’? Nah, dalam Islam ada yang namanya kata ‘jihad’, ‘jihad fii sabilillah'. Lalu, apa itu jihad? Apa juga maksud dari jihad fii sabilillah?

Secara syariat Islam Jihad yaitu berjuang secara bersungguh-sungguh. Sedangkan, jihad fii sabilillah ialah berjuang di jalan Allah secara bersungguh-sungguh. Lalu, apakah hubungannya dengan Radikalisme?

Banyak muslim maupun muslimah yang salah mengartikan kata jihad ini. Dalam agama Islam, yang dimaksud dengan jihad ialah dakwah. Dakwah menyeru yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar. Namun saat ini, banyak orang-orang yang salah mengartikan kata jihad sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk memerangi orang kafir.

Memang benar, kita sebagai umat Islam wajib memerangi orang kafir. Namun, bukan dengan cara meneror, tetapi dengan cara berdakwah. Ingat ya, Berdakwah. Author capslock deh, biar tidak salah faham hehe. BERDAKWAH.

Sedangkan, orang-orang yang salah mengartikan, malah meneror orang-orang kafir secara kasar dan keras.

Tahukah para readears sekalian, jika teroris itu, tidak hanya dari orang muslim yang menyalahartikan makna jihad itu sendiri.

Dari kacamata Author, teroris juga berasal dari orang non-islam yang memakai, memanfaatkan atau mengatasnamakan agama Islam sebagai pelakunya. Loh, kok bisa? Bagaimana caranya? Mereka memakai pakaian seperti umat Muslim kebanyakan. Seringkan, kita melihat kejadian teror yang mana pelakunya, memakai cadar atau bercelana cingkrang?

Readers, tahukah kalian semua, jika seperti itulah cara orang yang membenci agama Islam untuk menyebarkan persepsi buruk tentang agama Islam. Hal inilah yang menyebabkan, orang sering menganggap jika agama Islam itu 'radikal'. Akibatnya, banyak sekali terjadi pengucilan umat Muslim dan Muslimah–terutama bercadar–yang dianggap sebagai teroris.

Padahal, pernyataan itu sangat salah, salah besar. Islam adalah agama Rahmatan lil Alaamin. Agama yang sangat mencintai perdamaian, dan mendamaikan.

So readers, yuk bersama kita ubah mindset bahwa Islam itu radikal. Islam itu adalah agama yang cinta damai dan sangat memuliakan umatnya, garis keras.

Editor:
Ardetaprilany
VanSy_

Posting Komentar

0 Komentar