Nor Holis, M.Pd - Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran


Judul Buku: Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Proses Pembelajaran
Penulis: Nor Holis, M.Pd
Tebal Buku: 14,8 x 21 cm; xii + 201 halaman
Tahun Terbit: September 2020
ISBN: 978-623-7965-52-7
Penerbit: Progresif

Proses pembelajaran merupakan aktivitas penting dalam dunia pendidikan. Karena untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan secara kurikuler, institusional maupun secara Nasional akan bergantung pada keberhasilan tujuan pembelajaran atau yang sering disebut dengan tujuan instruksional. Maka menjadi penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Proses pembelajaran merupakan aktivitas belajar yang komprehensif dan integratif, karena proses pembelajaran tidak hanya sebagai proses transfer pengetahuan (transfer of knowledge) oleh pendidik kepada peserta didik, tetapi juga sebagai transfer nilai (transfer of value). Sehingga pendidik harus mengintegrasikan pembelajaran sebagai aktivitas yang kompleks mulai dari mengajarkan materi, membimbimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar secara maksimal.

Kegiatan pembelajaran harus direncanakan dengan baik, benar, dan secara matang, dengan melibatkan satu kesatuan komponen pembelajaran yang saling berkaitan dan saling berinteraksi mulai dari pendidik, peserta didik, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, strategi dan media yang digunakan, hingga evaluasi. Pembelajaran yang dikonsep dengan baik dan benar akan mengahasilkan proses pembelajaran yang berkualitas sehingga potensi dan kemampuan peserta didik dapat berkembang dengan optimal, baik itu intelektual, emosional maupun spiritualnya.

Buku ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi pendidik, peserta didik, pengelola pendidikan, maupun praktisi pendidikan untuk menambah khasanah keilmuan dibidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Buku ini penting untuk dibaca dan diaplikasikan utamanya bagi pendidik yang terlibat langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam buku ini dibahas secara komprehensif tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran mulai dari penyajian tentang hakikat belajar dan pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi dan media pembelajaran, mengenali kesulitan belajar dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran, motivasi dan minat belajar, prestasi dan evaluasi pembelajaran, serta teori belajar yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas.

Hadirnya buku ini semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca, baik secara teoritis maupun praktis utamanya bagi pendidik agar dapat mengkonsep dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang berkualitas, dan dapat tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang dicita-citakan baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

*) Dr. Zainuddin Syarif, M.Ag ~ Direktur Pascasarjana IAIN Madura

Posting Komentar

0 Komentar