Moh. Ahsanul Fikri - Tasamuh Gus Dur




Judul Buku: Tasamuh Gus Dur
Penulis: Mohamad Ahsanul Fikri
Tebal Buku: 14,8 x 21 cm; viii + 134 halaman
Tahun Terbit: September 2020
ISBN: 978-623-7965-56-5
Penerbit: Progresif

KH. Abdurrahman Wahid meneladankan sikap tasamuh yang aktif, tidak hanya menghormati keberagaman, namun lebih dari itu, dengan upaya nyata membangun persatuan dan membela kelompok yang tertindas. Bahwa Allah SWT adalah maha besar, tidak perlu dibela, bela lah manusia yang tertindas.

Gus Dur berkata “Semakin tinggi ilmu seseorang, maka semakin besar rasa toleransinya” Menanamkan sikap toleransi degan nilai tasawuf. Berlaku Itsar dengan  memuliakan orang lain dari pada diri sendiri. Mengajarkan Islam sebagai rahmatan lil alamin, menjadi rahmat bagi seluruh alam, termasuk non muslim.

Dalam tasamuhnya Gus Dur menggunakan nilai filosofis dan humanisme. Menolak formalitas agama dan mengedepankan nilai dan esensinya dalam masyarakat melalui dinamisme Islam. Bahwa Islam adalah ajaran yang memudahkan bukan mempersulit. Allah SWT adalah Tuhan yang lebih besar rahmat dan kasih sayangnya daripada murkanya.

“Jika kita merasa muslim terhormat, maka kita akan berpuasa dengan menghormati orang yang tidak berpuasa.” (KH. Abdurrahman Wahid)

Posting Komentar

0 Komentar